Jumat , 20 Oktober 2017
Home / BERITA / Bone Mendapatkan Penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017

Bone Mendapatkan Penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017

Kabupaten Bone mendapatkan penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 sebagai Kabupaten Terbaik Per Region. Penghargaan itu diberikan oleh Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group.

Selain Bone, kabupaten yang mendapatkan penghargaan yang sama, yaitu Kabupaten Deli Serdang untuk wilayah Sumatera, Kab.Bogor untuk wilayah Jawa, Kab.Badung untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Kab.Kutai Kartanegara untuk wilayah Kalimanta, Kabupaten Mimika untuk wilayah Maluku dan Papua, dan Kab.Bone untuk wilayah Sulawesi.

Penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 diterima langsung oleh Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. di Java balroom, The Westin Jakarta, Jumat 29 September 2017 pukul 18.00 WIB. Turut mendampingi Bupati Bone yakni Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Andi Herman Sampara dan Kasubag Dokumentasi Humas & Protokol Geldy A.Gunawan.

Bupati Bone Dr.H.Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. dan wakilnya Drs.H.Ambo Dalle,M.M. sebagai pimpinan birokrasi oleh berbagai kalangan dinilai banyak melakukan inovasi dan perubahan. Hal tersebut terbukti banyaknya penghargaan yang diterima Kabupaten Bone baik skala regional maupun nasional.

Deretan prestasi yang diperoleh itu tentu setelah melalui kriteria penilaian ketat dari masing-masing surveyor baik dari lembaga pemerintah, media,LSM, maupun organisasi lainnya.

Para surveyor umumnya melakukan survey lapangan dan administrasi agar diperoleh hasil penilaian yang objektif. Selain itu, penilaian juga dilakukan dalam bentuk analisa digital dan media sosial terhadap kabupaten / kota yang masuk nominasi.

Untuk penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 menggunakan metodologi survei terhadap kabupaten/ kota yang terdiri dari beberapa indikator, diantaranya, Kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 20% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koridor dan Pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata Pertumbuhan per Koridor atau PDRB Per Kapita lebih besar dari rata-rata PDRB Per Kapita Koridor.

INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 ini menggunakan empat dimensi pengukuran yaitu Investasi, Infrastruktur, Pariwisata, dan Pelayanan Publik.

Penghargaan untuk INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 terdiri dari beberapa kategori antara lain :

  1. Kabupaten/Kota Terbaik, yaitu Kabupaten/Kota dengan indeks ≥ Rata-Rata. 2. Kabupaten/Kota Potensial, yaitu Kabupaten/Kota dengan indeks Potensial ≥ Rata-Rata.
  2. Top 3 Kabupaten/Kota Terbaik untuk kategori Investasi, Infrastruktur, Pariwisata, dan Pelayanan Publik.
  3. Top 3 Kabupaten/Kota Potensial untuk kategori Investasi, Infrastruktur, dan Pariwisata.
  4. Top Kabupaten/Kota di setiap Region (wilayah pulau)
  5. Provinsi terbaik, yaitu provinsi dengan indeks total ≥ 65.

Adapun metodologi Penilaian dilakukan terhadap kabupaten/ kota yang lolos nominasi dilakukan dengan 3 indikator, yaitu :

  1. Kontribusi PDRB terhadap PDRB Provinsi diatas 20% atau PDRB diatas rata-rata PDRB Koridor.
  2. Pertumbuhan PDRB lebih besar dari rata-rata Pertumbuhan per Koridor atau PDRB Per Kapita lebih besar dari rata-rata PDRB Per Kapita Koridor.
  3. Kabupaten/Kota yang tidak lolos indikator pertama dan kedua tetapi mendapatkan penghargaan IAA pada tahun 2016.

Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder dan data primer, kecuali Pelayanan Publik yang dinilai berdasarkan data primer.

Data sekunder untuk dimensi Investasi, Infrastruktur dan Pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, Bank Indonesia dan kementerian-kementrian.

Sedangkan untuk pengumpulan data primer, dilakukan dengan cara Mystery Calling terhadap 12 institusi di masing-masing kabupaten dan kota.

Terpilihnya Kabupaten Bone menerima INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 membuktikan bahwa daerah ini memiliki potensi untuk menarik Investor dari berbagai industri dan pelaku bisnis dari berbagai sektor.

Hal tersebut dibuktikan oleh hasil riset yang yang melibatkan Investor dan Publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publikasi, dan Pariwisata untuk tingkat regional Indonesia.

Diterimanya penghargaan INDONESIA ATTRACTIVENESS AWARD 2017 ini, Bupati Bone menyampaikan terima kasih kepada Tempo Media Group dan Frontier Consulting Group serta kepada seluruh pihak terkait.

“Tentunya ke depan hal yang lebih penting, bagaimana IAA 2017 menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi untuk mewujudkan masyarakat Bone yang sehat, cerdas, sejahtera, dan mandiri,” harap Bupati Bone

Menurut Bupati Bone, bahwa deretan penghargaan diterima Kabupaten Bone kurun waktu empat tahun ini membuktikan terjalinnya kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan satakeholder lainnya. Tentunya menjadi pemicu motivasi bagi kita semua untuk bekerja yang lebih baik lagi.

“Insya Allah, daerah ini akan lebih maju lagi jika kita tetap mengedapankan prinsip agama, kearifan lokal, dan teknologi dalam membangun, niscaya cita-cita mewujudkan Masyarakat Bone yang SEHAT,CERDAS,SEJAHTERA,MANDIRI akan kita raih bersama,”. demikian ungkapan Bupati Bone usai menerima penghargaan.