Sektor Pertanian Dukung Pertumbuhan Ekonomi Bone

Bupati Kabupaten Bone, Andi Fashar Padjalangi mengatakan sektor pertanian merupakan salah satu sektor pendukung utama pertumbuhan ekonomi Bone yang tinggi di tahun 2015.

“Pertumbuhan ekonomi kita mencapai 8,92 persen dan ini tercatat sebagai pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan (Sulsel),” kata Andi Fashar dalam sambutannya pada peringatan Hari Jadi ke-686 Kabupaten Bone yang digelar di Bone, Selasa (5 April 2016).

Sektor pertanian, khususnya pertanian tanaman pangan, kata dia, memiliki kontribusi yang cukup besar. Di tahun 2015, produksi gabah di Kabupaten Bone sebesar 982 ribu ton, dengan produktivitas hingga 5,8 ton per ha gabah.

“Keberhasilan sektor pertanian di Kabupaten Bone tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel maupun Pemerintah Pusat,” ujar dia.

Sehari sebelumnya, lanjut bupati, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman bersama Gubernur Sulsel, H. Syahul Yasin Limpo secara simbolis juga telah melaksanakan panen raya di kabupaten ini.

“Kami berharap ke depan, sektor Pertanian Bone tetap menjadi perhatian gubernur maupun pemerintah pusat,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Lompo yang hadir dalam peringatan tersebut mengatakan Kabupaten Bone merupakan pilar utama pembangunan Sulsel.

“Bone adalah pendukung utama Sulsel,” imbuhnya.

Pemerintah, kata Syahrul, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat pemerintah kabupaten dan masyarakat yang telah berpatisipasi aktif dalam pembangunan Kabupaten Bone.

“Saya sebagai gubernur merasa bangga melihat kemajuan Kabupaten Bone. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi mendekati sembilan persen, pastilah tidak mudah, dan ini menjadi titik tolak pembangunan Bone yang lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Turut Hadir dalam peringatan HUT Kabupaten Bone Wagub Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Kepala Dinas PSDA Andi Darmawan Bintang, Kepala Dinas Tarkim Andi Bhakti Haruni, Kepala Dinas Pariwisata Jufri Rachman, dan Bupati Gowa, Adnan Yasin Limpo.