Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tingkat Zona TPID Bone (Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai)

Watampone, Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tingkat Zona TPID Bone meliputi Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai dilaksanakan di Hotel Helios Jln. Langsat Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada Selasa 10 April 2018.

Kegiatan ini merupakan kerja sama dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone.

Peranan Kabupaten Bone dalam Ekonomi Sulawesi Selatan merupakan yang kedua terbesar setelah Kota Makassar, mencapai 6,96 % pada 2016.

Pertumbuhan ekonomi Bone juga tercatat cukup tinggi. Pertumbuhan Kabupaten Bone pada tahun 2016 mencapai 9,06 % (yoy) atau lebih tinggi diatas pertumbuhan Provinsi Sulawesi Selatan yang mencapai 7,23 % dan Nasional 4,79% year on year (yoy).

Kabag Ekonomi Setda Bone, Hj.Andi Yuliati pada Rakor Pengendalian Inflasi Tingkat Zona TPID Bone (Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai), di Hotel Helios Jln. Langsat Watampone, Kabupaten Bone, pada Selasa 10 April 2018.

Di sisi perkembangan harga-harga (inflasi), dapat kami laporkan bahwa pada Maret 2018, Bone mangalami deflasi (penurunan harga) sebesar 0,14 %, penurunan tersebut menyebabkan laju inflasi tahun kalender (Januari-Maret 2018) sebesar 1,53 %. Sedangkan laju inflasi “year on year” (Maret 2018-Maret 2017) di Kab. Bone sebesar 4,93 %. Capaian tersebut berada di atas atau lebih tinggi dari inflasi Sulsel yang tercatat 3,70 % (yoy) ataupun inflasi nasional yang tercatat 3,40% (yoy).

Besaran inflasi tersebut tentunya harus dibarengi dengan upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone, terutama dalam menjaga ketersediaan pasokan kelompok makanan seperti beras, cabe, bawang merah, dan lain-lain.

Untuk menjaga capaian target inflasi tahun 2018 berada pada kisaran 3,5 + 1 % diperlukan sinergi lintas kabupaten / kota untuk merumuskan strategi dalam pengendalian inflasi khususnya kenaikan harga jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H / 2018 Masehi.

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tingkat Zona tersebut dihadiri oleh Sekda Bone Bapak H.A.Surya Darma,S.E., M.Si., Direktur Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi selatan, Biro Perekonomian Pemprov. SulSel, Kepala BPS Kab. Bone, Kepala Kansilog Perum Bulog Kab. Bone, Para Kepala Perbankan, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kab. Bone, Camat Tanete Riattang, Barat dan Timur, Pejabat dari Pemkab. Sinjai, Wajo, dan Soppeng.